Kamis, 20 September 2012

Dari Ujung ke Ujung

Berikut ini beberapa perjalanan dari tempat kerjaku di Binuang ke beberapa lokasi yang cukup jauh.

1. Kabupaten Malinau 
Kabupaten Malinau merupakan kabupaten terluas di provinsi Kalimantan Timur. Kabupaten ini berbatasan dengan provinsi Kalimantan Barat dan Negara Malaysia. Saking luasnya, untuk mencapai ke kecamatan terjauh harus menggunakan pesawat DC-6 atau DC- 9(diisi sembilan orang he he he). Untuk menuju kabupaten ini membutuhkan waktu dua hari dari kalimantan selatan. Dari Banjarmasin menggunakan pesawat ke Balikpapan, dari Balikpapan lanjut ke Tarakan. Di Tarakan harus menginap karena perjalanan ke Malinau baru ada lagi keeseokan harinya. Kecuali kalo mau mencarter speadboat dengan harga 2 juta. Perjalanan ke malinau dari tarakan bisa menggunakan dia cara. Pertama menggunalan longboat berisi 40 orang dengan menyusuri sungai selama 3 jam dengan harga tiket 200 ribu, atau bisa juga menggunakan pesawat DC-9 tadi selama 20 menit. 

2. Kabupaten Sukamara
 Kabupaten Sukamara terletak paling barat dari provinsi kalimantan Tengah. Kabpaten ini berbatasan langsung dengan provinsi kalimantan barat. Untuk ke kabupaten ini dapat ditempuh selama 24 jam nonstop dari binuang. Perjalanan dari binuang ke Banjarmasin ditempuh selama 2 jam. Dari Banjarmasin ke Palangkaraya selama 4 jam dan dari Palangkaraya ke Sukamara ditempuh selama 16 jam. Jadi berangkat dari Binuang jam 6 pagi sampai ke Sukamara jam 6 pagi hari berikutnya.



3. Kabupaten Kapuas Hulu

Kabupaten Kapuas Hulu merupakan kabupaten paling timur dari provinsi Kalimantan Barat. Berbatasan langsung dengan negara malaysia, prov. Kalimantan Timur dan provinsi Kalimantan Tengah. Untuk menuju kabupaten ini membutuhkan waktu 2 hari. Dari Banjarmasin ke Kalimantan Barat harus transit di Jakarta. Untuk menuju ke Putussibau ibukota kabupaten Kapuas Hulu dapat ditempuh melalui darat selama 15 jam atau menggunakan pesawat selama 1 jam. Di kabupaten ini terdapat pintu perbatasan dengan negara Malaysia yaitu di Nanga Badau yang dapat ditempuh dari Putussibau menggunakan bis mini selama 5 jam perjalanan.

4. Kabupaten katingan

Sebenarnya untuk ke kota kabupaten ini tidak terlalu jauh. Hanya sekitar 5 jam dari Banjarmasin. Kabupaten yang beribukota di Kasongan ini mempunyai bentang alam yang melintang dari utara ke selatan. Ujung utara kabupaten ini berbatasan langsung dengan Provinsi Kalimantan Barat, sedangkan ujung selatan berbatasan dengan laut jawa. Untuk menuju kecamatan di ujung selatan (kecamatan Katingan Kuala) dapat ditempuh melalui dua jalan. Pertama melalui jalur laut, Dari banjarmasin menggunakan longboat dengan menyusuri pantai selatan Kalimantan Tengah dan memakan waktu sekitar 6-7 jam dengan biaya sekitar 300 ribu rupiah, dan yang kedua dari Banjarmasin menuju ke sampit memakan waktu 8 jam dan meneruskan perjalanan keesokan harinya menggunakan kelotok dengan lama perjalanan 5 jam. Biaya banjarmasin sampit 150 ribu rupiah, menginap di sampit 50 ribu rupiah dan dari sampit ke katingan kuala 150 ribu rupiah. Dari segi keamanan, perjalanan lewat sampit tergolong aman. Sedangkan bagi yang menyukai petualangan, perjalanan melalui laut merupakan pilihan yang tepat karena akan menemui gelombang besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar