Selasa, 15 November 2016

Masjid di China 2: Masjid di Guangzhou (bagian 2)

Terdapat 4 masjid yang berada di kota Guangzhou. Yaitu masjid Huaisheng, Masjid Xiaodongying, Masjid Haopan, dan Masjid Xianxian. Masjid xianxian telah dijelaskan pada tulisan sebelumnya. Berikut beberapa masjid yang berada di Kota Guangzhou:

1. Masjid Huaisheng

Masjid Huaisheng disebut juga masjid Guangta (menara yang indah). Masjid ini merupakan masjid tertua di Guangzhou dan juga merupakan Masjid tertua di China. Masjid ini dibangun pada tahun 627 M oleh Sa’ad ibn Abi Waqqas yang merupakan Paman Nabi Muhammad SAW.


Gambar 1. Masjid Huaisheng (sumber: wikipedia)

Masjid Huaisheng Terletak di Guangta Road No. 56 Yuexiu Distric, Guangzhou. Stasiun Metro Terdekat adalah Stasiun Ximenkou (line 1). Dari stasiun Ximenkou Gate B, kita menuju ke arah timur dan selatan dan kemudian ke timur sejauh sekitar 550 m atau sekitar 7 menit berjalan kaki.


Gambar 2. Peta menuju Masjid Huaisheng dari Stasiun Metro Ximenkou.

2. Masjid Xiaodongying

Masjid Xiaodongying dibangun pada masa kaisar Chenghua pada dinasti Ming, ketika tentara muslim datang dan menetap di provinsi GUangzhou. pada tahun pemerintahan ke 20 kaisar Jiaqqing dan tahun ke 5 kaisar Tongzhi pada dinasti Qing, masjid ini direnovasi. 



Gambar 3. Masjid Xiaodongying (sumber: idhamlim.blogspot.com)

Masjid Xiaodongying terletak di Xiaodongying no.1, Yuehua Road, Yuexiu District, Guangzhou. Masjid ini terletak di dekat Dr. Sun Yat Sen Memorial Hall. Untuk menuju masjid ini kita dapat melalui Stasiun Metro Sun Yat Sen Memorial Hall (line 2). Dari stasiun Sun Yat Sen Memorial Hall gate D1 kita menuju ke arah timur dan selatan lalu ke timur sejauh 900 meter.


Gambar 4. Peta menuju masjid Xiaodongying dari stasiun metro Sun Yat Sen Memorial Hall.

3. Masjid Haopan

Masjid Haopan dibangun pada masa Dinasti Ming. Masjid ini dibangun di Shoutern Garden Style. bagian masjid yang masih eksis sampai saat ini adalah gerbang dan bangunan utama.



Gambar 5. Masjid Haopan 

Masjid Haopan terletak di 378 Haopan Street, Yuexiu Distric, Guangzhou.  Masjid ini terletak di dekat Haizu Square. Untuk menuju masjid ini kita dapat melalui stasiun Haizu Square (line 2). Dari stasiun Haizu Square gate B1 kita menuju ke arah utara dan barat kurang lebih sekitar 1 km.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar