Senin, 23 Mei 2016

Buat Pasport Tidak Pake Ngantri di ULP Barabai

Baru-baru ini saya melakukan perpanjangan pasport hijau. Gara-garanya ada tawaran keluar tapi masa berlaku tinggal empat bulan lagi. Perlu diketahui bahwa kita boleh ke luar negeri apabila masa berlaku pasport lebih dari 6 Bulan. 
Saya kemudian mencari informasi dengan menelpon Kantor Imigrasi Banjarmasin. dari kantor tersebut untuk perpanjangan paspor persyaratannya sama seperti membuat baru. Persyaratan yang harus disiapkan yaitu fotokopi KTP, fotokopi kartu keluarga dan fotokopi Akta Kelahiran. Jangan lupa juga sediakan materai 6000 sebanyak 1 lembar. 
Untuk pengurusan pasport dapat dilakukan di Kantor Imigrasi Kelas 1 Banjarmasin di Landasan Ulin Banjarbaru atau di Unit Layanan Pasport (ULP) Barabai. karena saya berada di Kabupaten Tapin, Kantor imigrasi menyarankan agar saya mengurus di ULP Barabai. ULP Barabai melayani pengurusan Pasport untuk wilayah Kabupaten Tapin, HSS, HST, HSU, Balangan, dan Tabalong. Saran tersebut sangat beralasan karena di ULP Barabai ini antriannya tidak banyak.
Layanan paspor dibuka pada pukul 8 - 10 yaitu untuk pengambilan antrian, sedangkan pukul 10 - 15 adalah untuk pengambilan pasport.
Saya datang pukul 07.30 dan saat itu kantor masih tutup. Pukul 8 tepat kantor dibuka dan saya pun langsung masih ke ULP Barabai. Disana saya langsung disambut oleh satpam dan mengarahkan saya ke ruang tunggu. Saat itu kantor masih sepi. Dan tidak beberapa lama saya diterima oleh petugas dan saya menyampaikan akan memperpanjang pasport. Kemudian saya menyiapkan berkas yang saya bawa. petugas memberikan formulir untuk saya isi. Kemudian saya mengisi formulir selama 10 menit dan menempelkan materai pada surat pernyataan. Lalu saya menyerahkan kembali kepada petugas. petugas memberikan nomor antrian no 1 dan mempersilahkan ke ruang wawancara. 
Tidak lama kemudian saya dipanggi dan diwawancarai, lalu kemudian dilakukan pengambilan gambar. Resi biaya untuk pengurusan pasport dicetak dan tercantum untuk pasport 48 lembar adalah Rp. 300.000 dan untuk foto biometrik adalah Rp. 55.000. Pengurusan pasport di ULP Barabai hanya 45 menit. Saya diminta untuk membayar biaya pengurusan pasport di Bank BNI dan kembali lagi 3 hari lagi untuk pengambilan pasport.
Sayapun segera membayar di Bank yang ditunjuk dan 3 hari kemudian saya kembali untuk mengambil pasport. pasport sekarang berbeda penampilan dengan pasport yang dulu. Dulu pasport berwarna hijau tua dengan isi dalam berupa gambar bayang-bayang keanekaragaman flora dan fauna indonesia. Sekarang pasport RI berwarna hijau tosca dengan tampilan dalam berupa gambar flora, fauna dan budaya dengan warna yang lebih menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar